Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka File Rar Zip 7z dengan Zarchiver di Android

Cara Membuka File Rar Zip 7z dengan Zarchiver di Android

Bagaimana Cara Membuka File Rar Zip 7z dengan Zarchiver di Android ? Sebelumnya kami teleah membahas mengenai Cara Ekstrak File Tar.gz, Tar.bz, Tar.bz2 di Windows dan sekarang kami akan membahas Cara Ekstrak atau Membuka File Berformat Rar, Zip, 7z, 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, XZ, iso, tar, arj, kabin, lzh, lha, lzma, xar, tgz, tbz, Z, deb, rpm, zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, img (lemak, ntfs, ubf), wim, ecm, lzip, egg, alz Di Android Dengan ZArchiver. 

ZArchiver adalah program untuk manajemen arsip. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan fungsional serta sangat praktis untuk digunakan di perangkat Android atau iOS.


Image : Zarchiver

ZArchiver sudah di download lebih dari 50 juta kali dengan rating 4,5 dan 475 ribu ulasan pada play store. ZArchiver sendiri dikembangkan oleh develover Zdev asal negara rusia yang beralamatkan Traktoristov, 17 Ekaterinburg, Russia. 

Anda dapat mengunduh / download ZArchiver di play store atau App Store. di play store sendiri ada dua jenis ZArchiver yaitu ZArchiver Versi 0.9.2 free dengan icon warna hijau dan ZArchiver premium Versi 0.9.2 / ZArchiver Donate dengan icon warna oren. ZArchiver Donate sendiri dibandrol dengan harga Rp. 20.000 di Play Store.

Apa Fungsi ZArchiver

Fungsi ZArchiver selain untuk mengekstrak atau membuka file berformat rar, zip, 7z dan lain sebagainya. ZArchiver juga memungkinkan kamu untuk Membuat jenis arsip berikut: 

  1. Membuat 7z (7zip), zip, bzip2 (bz2), gzip (gz), XZ, tar;
  2. Mengekstrak, Membuka atau Mengurai tipe arsip seperti: 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, XZ, iso, tar, arj, kabin, lzh, lha, lzma, xar, tgz, tbz, Z, deb, rpm, zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, img (lemak, ntfs, ubf), wim, ecm, lzip, telur, alz;
  3. Melihat isi arsip: 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, XZ, iso, tar, arj, taksi, lzh, lha, lzma, xar, tgz, tbz, Z, deb, rpm, zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, img (lemak, ntfs, ubf), wim, ecm, lzip, telur, alz;
  4. Membuat dan mendekompresi arsip yang dilindungi kata sandi;
  5. Mengedit arsip: tambahkan / hapus file ke / dari arsip (zip, 7zip, tar, apk, mtz);
  6. Membuat dan mendekompresi arsip multi-bagian: 7z, rar (hanya dekompresi);
  7. Dekompresi arsip parsial;
  8. Membuka file terkompresi;
  9. Membuka file arsip dari aplikasi surat;
  10. Mengekstrak arsip yang terpecah: 7z, zip dan rar (7z.001, zip.001, part1.rar, z01);

Fitur Utama ZArchiver :

Apa fitur utama dari Zarchiver? Fungsinya yaitu:
- Dukungan multithreading (berguna untuk prosesor multicore);
- UTF-8 / UTF-16 mendukung nama file. Memungkinkan Kalian menggunakan simbol nasional dalam nama file;
- Tidak perlu mengaktifkan mode multiselect. Kalian dapat memilih file dengan mengklik ikon dari kiri nama file;

Cara Ekstrak File Rar, Zip, 7z, di ZArchiver

Cara mengekstrak atau membuka file dengan format Rar, Zip, 7z dan lain-lain dengan ZArchiver caranya cukup mudah. pertama kalian downlod terlebih dahulu ZArchiver baik di android atau iOS, kemudian buka aplikasi ZArchiver dan cari file yang kalian akan ekstrak atau buka. 

Misal filenya bernama namafile.zip atau namafile.rar atau nama file.7z kemudian klik pada file tersebut sampai muncul pop up ekstrak seperti berikut




Stelah itu klik ekstrak disini maka file yang tadi akan otomatis terbuka pada folder yang sama dengan file yang berformat zip, rar, atau 7j.  Selain itu zarchiver dapat membuka file yang terpisah atau ber part 1 part 2 dengan cara yang sama.

Cara Kompres File ke format rar zip 7z di Android dengan ZArchiver 

Untuk cara mengompres file kedalam format zip atau rar caranya hampir sama dengan cara ekstrak tetapi ada sedikit perbedaan. Misalnya kalian akan mengompres file namafile.jpg ke dalam format rar atau zip atau 7z maka buat dahulu folder baru dengan nama terserah kalian lalu masukan file namafile.jpg yang kalian ingin kompres kedalam folder tadi yang dibuat kemudian klik pada folder sampai ada pop-up seperti gambar dibawah



Kemudian pilih kompres hingga muncul gambar ke dua diatas kemudian pilih format yang kalian inginkan masukan password apabila ingin agar file tersebut aman kemudian klik ok maka file yang dikompres tersebut berada dalam folder yang sama saat kalian ingin mengompres file yang tadi. Itulah cara membuka dan mengompres file berformat rar, zip, 7z dan lain-lain


Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar dan like fanpage Facebook kami biar tidak ketinggalan info penting dari kami mengenai trik dan cara seputar android trima kasih.