Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Volume dan Kualitas Suara Ponsel Android

Cara Memperbesar Volume dan Kualitas Suara HP Android

Bagaimana cara memperbesar volume suara hp Android seperti Xiaomi, Samsung, Nokia, Oppo, Vivo dan semua merk hp android lainnya untuk membuat kualitas suaranya lebih besar dan keras ? dan dengan cara yang akan dibagikan dapat mengembalikan suara hp yang hilang.

Artikel ini akan memberikan tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan volume dan kualitas suara ponsel Android. 

Anda akan belajar tentang cara meningkatkan volume dengan aplikasi dan pengaturan sistem, mengoptimalkan kualitas suara dengan equalizer dan aksesori tambahan, serta cara memperbaiki kualitas suara dengan membersihkan speaker dan mengecek pembaruan sistem agar suara hp kamu kembali.

Cara Memperbesar Volume dan Kualitas Suara Ponsel Android
Cara Memperbesar Volume dan Kualitas Suara Ponsel Android

Artikel ini akan membantu Anda untuk meningkatkan pengalaman menonton video atau mendengarkan musik dan bermain game seperti Free Fire FF, COD Mobile, PUBG, Apex Legend, Genshin Impact dengan kualitas suara yang lebih baik. Dalam Game Battle Royale dengan cara ini kita akan mendengar suara step lebih jelas, keras dan besar.

Daftar Isi

Meningkatkan Suara HP dengan Aplikasi Volume Booster by Good Devi

Cara meningkatkan Volume dengan Aplikasi Volume Booster by Good devi, admin Pengetahuan-ID menyarankan untuk membuka aplikasi Play Store, mencari aplikasi yang disebut "Volume Booster by good Devi" dan menginstallnya. 

Setelah instalasi, kamu perlu membuka aplikasi tersebut dan mengklik "okay" untuk mengakses pengaturan.

setelah terinstall kamu buka aplikasinya kemudian pergi ke pengaturan, mencentang opsi "show volume control" dan aplikasi ini dapat meningkatkan volume maksimum menjadi 100%. 

Tapi saya sarankan tingkatkan kualitas suara volume sampai 70% saja. Untuk pengaturan lainnya samakan dengan pengaturan dibawah. Pada pengaturan maximum allowed boost biarkan saja secara default sebesar 60%.

Setelah itu minimalkan aplikasi volume booster kemudian buka aplikasi musik atau YouTube untuk melihat apakah volume telah meningkat dengan memainkan video atau musik. Hal tersebut bertujuan untuk melihat perbedaan volume sebelum dan sesudah menambahkan aplikasi "Volume Booster"

Jika anda menggunakan aksesori tambahan seperti speaker eksternal atau earphone maka suara volume juga akan meningkat menjadi besar dan keras.

Perlu diingat bahwa meningkatkan volume secara berlebihan dapat merusak kualitas suara dan menyebabkan kerusakan pada telinga. Jadi, sebaiknya gunakan aplikasi ini dengan bijak dan jangan terlalu sering meningkatkan volume secara signifikan.

Optimalkan Kualitas Suara dengan Equalizer dan Aksesori Tambahan

Selain menggunakan aplikasi "Volume Booster", ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume ponsel Android. Salah satunya adalah dengan mengubah pengaturan volume dari pengaturan sistem ponsel.

1. Mengubah Pengaturan Volume

Merubah pengaturan volume dari pengaturan bawaan sistem ponsel. Anda dapat mengakses pengaturan ini dengan mengklik ikon suara atau melalui pengaturan umum ponsel. 

Anda juga dapat mencoba mengecek apakah ada pembaruan sistem yang tersedia untuk ponsel Anda, karena pembaruan ini dapat menyertakan perbaikan suara.

2. Mengubah Equalizer

Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengoptimalkan kualitas suara dengan mengubah equalizer atau equalisasi suara ponsel Anda. Fitur ini dapat ditemukan dalam pengaturan suara atau dalam aplikasi pemutar musik. Dengan mengubah pengaturan equalizer, Anda dapat menyesuaikan suara sesuai dengan kebutuhan Anda dan meningkatkan kualitas suara.

3. Mengecek Kualitas Speaker Ponsel

Selain mengubah pengaturan volume dan equalizer, Anda juga dapat mencoba mengecek kualitas speaker atau speaker ponsel Anda. Beberapa ponsel mungkin memiliki masalah dengan speaker yang menyebabkan suara yang lebih lemah dari yang seharusnya. 

Jika Anda merasa bahwa volume ponsel Anda lebih lemah dari yang seharusnya, Anda dapat mencoba membersihkan speaker dari debu atau kotoran yang mungkin menghalangi suara dari keluar dengan benar.

Untuk cara perbaiki suara hp silahkan baca artikel: Cara Memperbaiki Suara Speaker HP

4. Gunakan Aksesoris Tambahan 

Anda juga dapat mencoba menggunakan aksesori tambahan seperti speaker eksternal atau earphone untuk meningkatkan kualitas suara. Beberapa speaker eksternal atau earphone memiliki fitur tambahan seperti equalizer yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan suara sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Mengecek Pengaturan Suara Aplikasi 

Jangan lupa untuk selalu mengecek pengaturan suara dari aplikasi atau media yang Anda gunakan. Beberapa aplikasi atau media mungkin memiliki pengaturan suara yang berbeda yang dapat Anda sesuaikan untuk meningkatkan kualitas suara.

6. Menggunakan Headphone atau Earphone yang Berkualitas 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, pastikan Anda menggunakan headphone atau earphone yang kualitas suaranya baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa earphone atau headphone berkualitas rendah mungkin tidak mampu menghasilkan suara yang optimal dan bahkan dapat mengurangi kualitas suara dari ponsel Anda.

Akhir Kata 

Semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu Anda meningkatkan volume ponsel Android dan menikmati musik atau video dengan lebih keras dan jelas.